Skripsi
UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN EFFEKTIVITAS BELAJAR PADA PROGRAM KEJAR PAKET B DENGAN MENGGUNAKAN METODA A SUNTENJAYA KEC. LEMBANG. KBB
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang masih redahnya efektivitas belajar dan perlu diupayakan Tutor dalam meningkatkan efektifitas belajar pada program Kejar Paket B melalui metoda demonstrasi di PKBM Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.Tujuan penelitian adalah : 1. Mengetahui pelaksanaan metoda mengajar demonstrasi yang dipakai di Paket B setara SLTP di PKBM Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. 2.Mengetahui kegiatan belajar warga belajar Paket B setara SLTP setelah tutor menggunakan metoda belajar demonstrasi. Landasan teori dan konsep antara lain : program Kejar Paket B sebagai bentuk pendidikan luar sekolah, konsep kegiatan belajar mengajar pada pendidikan luar sekolah, metoda belajar mengajar pada pendidikan luar sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif hal ini dilakukan dengan masalah yang diteliti merupakan masalah yang ada pada masa sekarang yang sedang dihadapi, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Objek penelitian 25 orang. Hasil penelitian dan temuan dalam penyampaian materi pelajaran pada pelaksanaan kegiatan Kejar Paket B adalah sering menggunakan metode demonstrasi, dengan tujuan menghemat waktu, mempermudah dan materi pelajaran cepat diterima, dalam penggunaan metoda demonstrasi tersebut sangat sesuai dengan tujuan pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dan sangat sesuai dengan materi yang disampaikan pada pelaksanaan kegiatan. Materi yang diberikan pada pelaksanaan kegiatan Kejar Paket B dengan menggunakan metode demonstrasi adalah ilmu pengetahuan, sikap, mental dan keterampilan, keterampilan pendidikan mata pencaharian dan kegiatan ekstrakurikuler, serta mengenai isi materi pada penggunaan metode demonstrasi antara teori dan praktek seimbang. Adapun media/alat Bantu yang sering digunakan sumber belajar dalam penyampaian materi pelajaran adalah menggunakan gambar, papan tulis, serta OHP, tujuan menggunakan ketiga alat Bantu tersebut untuk memperjelas dalam penyampaian materi pelajaran, dan dalam pelaksanaan kegiatan Kejar Paket B sarana/prasarana cukup menunjang dan kondisi sarana/prasarana digunakan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut memadai Kesimpulan, materi yang diberikan pada pelaksanaan kegiatan Kejar Paket B dengan menggunakan metode demonstrasi adalah ilmu pengetahuan, sikap, mental dan keterampilan, keterampilan pendidikan mata pencaharian dan kegiatan ekstrakurikuler, serta mengenai isi materi pada penggunaan metode demonstrasi antara teori dan praktek seimbang. Dampak yang diperoleh, sumber belajar cukup menguasai materi pelajaran yang disampaikan sehingga materi pelajaran yang disampaikan sumber belajar dapat dipahami oleh warga belajar.
Tidak tersedia versi lain