Skripsi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK SEDERHANA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B
Keterampilan membatik adalah suatu kecakapan seseorang dalam hal menggambar atau melukis dengan berbagai motif diatas kain menggunakan malam dan diberi pewarna pada bagian yang tidak terkena malam. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan keterampilan membatik sederhana dan mengidentifikasi pelaksanaan keterampilan membatik sederhana dalam mengembangkan motorik halus anak pada kelompok B. Penelitian ini dilakukan di TK Miftahussholihin, yang bertempat di Jl. Industri II Cibodas Campaka. Jenis penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 Siswa terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 8 kali pertemuan yang mana setiap pertemuannya 30 Menit. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pelaksanaan keterampilan membatik sedehana yaitu menyusun Protah, Prosem, RPPM, dan RPPH. Pelaksanaan keterampilan membatik sederhana yaitu perkembangan penguasaan membatik dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke delepan mengalami peningkatan di setiap pertemuannya. Hasil dari penggunaan kegiatan membatik sederhana yaitu jika dipersentasekan untuk pertemuan pertama anak yang belum berkembang 50% dan anak yang mulai berkembang 50%. Dan untuk pertemuan ke delapan anak yang berkembang sesuai harapan 51,7% dan anak yang berkembang sangat baik 48,3%. Ini menunjukkan bahwa keterampilan membatik sederhana untuk mengembangkan motorik halus mengalami peningkatan.
Tidak tersedia versi lain