Text
Implementasi Kebijakan Pendidikan Pada Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Dalam Sistem Pembelajaran Daring (Studi Kasus Di Tk Mathla'ull Anwar Linahdlatul Ulama Pusat Menes)
Penelitian ini menitik beratkan pada permasalahan implementasi kebijakan
pendidikan pada masa darurat penyebaran Covid-19, dalam upaya
pelaksanaan kebijakan pembelajaran daring di TK Malnu Pusat Menes.
Dalam mengungkapkan permasalahan ini, peneliti menggunakan model
implementasi yang dikembangkan oleh Van Metter dan Van Horn yaitu,
ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, komunikasi antara organisasi dan
aktivitas pelaksana, karakter agen pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial dan
politik, disposisi atau respon dari para pelaksana. Adapun tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi dari kebijakan
pendidikan pada masa darurat penyebaran Covid-19 dalam sistem
pembelajaran daring di TK Malnu Pusat Menes. Metode penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian, implementasi kebijakan pendidikan pada masa darurat penyebaran
Covid-19 dalam sistem pembelajaran daring di Tk Malnu Pusat Menes belum
terlaksana dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman wali
siswa terkait teknologi penunjang pembelajaran daring, sarana dan prasarana
berupa fasilitas penunjang pembelajaran daring yang belum tercukupi,
ketidaksesuaian metode pembelajaran yang dipakai pada saat melaksanakan
kebijakan pembelajaran yang membuat siswa mengalami penurunan minat
belajar, dan kurangnya kolaborasi orang tua atau wali siswa dalam
melaksanakan kebijakan pembelajaran daring.
Tidak tersedia versi lain