Text
Oinovasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Bagi Masyarakat Pada Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Pandeglang
Budaya literasi memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat.
Rendahnya indeks literasi mempengaruhi pada aspek lain seperti menjadi rendahnya
daya saing, rendah indeks pembangunan SDM, rendahnya pendapatan perkapita
sampai dengan rendahnya rasio gizi pada masyarakat. Pada tahun 2021 tingkat literasi
Indonesia menempati peringkat 62 dari 70 negara. Sehingga dalam meningkatkan
budaya literasi peran perpustakaan menjadi salah satu aspek utama sebagaimana
fungsi dari perpustakaan yang di jelaskan dalam Undang-undang No.43 Tahun 2007
tentang Perpustakaan. Dalam meningkatkan budaya literasi perlu adanya inovasi
dalam pelayanan publik yang efektif sehingga dapat membangun, menumbuhkan dan
mengembangkan budaya literasi. Penelitian ini menggambarkan inovasi pelayanan
publik untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Kabupaten Pandeglang,
Provinsi Banten. Tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui inovasi pelayanan publik pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah
Kabupaten Pandeglang dalam meningkatkan budaya literasi. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukan bahwa inovasi pelayanan publik yang diimplementasikan terkait
pelayanan perpustakaan memiliki kriteria yaitu, memiliki kebaruan, memiliki
kemanfaatan, memberikan solusi, memiliki kompabilitas dengan sistem diluar
dirinya, dan berkesinambungan dan dapat direplikasi.
Tidak tersedia versi lain