Text
Pengaruh Kualtias Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Kanaka Griya Asri, Kota Serang - Banten)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap
Minat Beli Konsumen dan menjadikan Puri Kanaka Griya Asri yang berlokasi
di Gelam, Cipocok Jaya, Kota Serang – Banten, sebagai objek penelitian ini.
Puri Kanaka Griya Asri dibangun oleh PT. Cipta Karya Sentosa Abadi atau
disingkat PT. CKSA yang merupakan salah satu Developer terbaik di Kota
Serang – Banten. Puri Kanaka Griya Asri merupakan rumah subsidi yang
dibangun di atas lahan seluas ± 6 hektar sebagai bentuk dukungan terhadap
program 1 juta rumah yang dikeluarkan oleh pemerintah karena masih
banyaknya kebutuhan akan rumah layak huni khususnya bagi masyarakat
berpenghasilan rendah (MBR). ). Teori yang digunakan dalam penelitian ini
berasal dari Philip Kotler dan Armstrong, Wijaya, Assauri, Yamit, Nugroho,
Fandy Tjiptono, Kotler dan Keller. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 500
orang dengan jumlah sampel 83 orang yang dihitung dengan metode
Proporsionate Stratified Random Sampling. Berdasarkan hasil uji rata-rata pada
variabel Kualitas Produk, poin tertinggi adalah item Nomor 7 yaitu “tempat
tinggal mudah dijangkau” dengan nilai 3.144 dan item terendah adalah nomor
5 yaitu “konsumen yang menempati rumah tidak pernah menemukan kerusakan
pada rumah” senilai 2.120. Berdasarkan hasil pengujian rata-rata variabel Minat
Beli Konsumen, nilai tertinggi adalah angka 5 yaitu “Konsumen mengamati
ketersediaan sarana dan prasarana di lingkungan perumahan” senilai 3,240.
Sedangkan poin terendah adalah butir No. 13 yaitu “Kegiatan promosi yang
dilakukan perusahaan mampu menarik perhatian calon konsumen” senilai
2.216. dari hasil perhitungan korelasi didapatkan skor sebesar 0,894 dengan
kategori sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
sangat kuat antara kualitas produk dengan minat beli konsumen. Dari
perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 80% yang
menunjukkan bahwa 80% kualitas produk berpengaruh terhadap Minat Beli
Konsumen dan dari Perhitungan uji-t atau pengujian hipotesis menghasilkan
nilai-t sebesar 16.487. Dengan menggunakan tingkat kepercayaan (α = 10%),
diketahui bahwa t-tabel dengan nilai n = 83 adalah 1,663. Nilai t-hitung lebih
besar dari t-tabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat hubungan positif antara kualitas produk dengan niat beli.
Tidak tersedia versi lain