Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Mr. 'S' Laundry Kampung Karet Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh (1)
Kualitas Pelayanan dan (2) Kepuasaan Pelanggan (3) Loyalitas Pelanggan Pada
Usaha Mr ‘S’ Laundry Kampung Karet Kecamatan Labuan Kabupaten
Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 48.071 dan sampel penelitian
sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus
Slovin, data primer dalam penelitian ini berupa observasi dan penyebaran angket
(kuisoner) yang penulis sebarkan kepada responden, sedangkan data sekunder
dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan dokumentasi. Pengolahan data
dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisis
Deskriptif, Analisis Koefesiensi Korelasi Berganda, Analisis Koefesiensi
Determinasi ( ), Uji Asumsi Klasik, Analisis Regregi Linear Sederhana dan
Berganda, Uji Hipotesis Signifikansi (Uji t) dan Uji Statistic (Uji F) melalui
bantuan aplikasi program SPSS 26.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan
Pelanggan Pada Usaha Mr ‘S’ Laundry Kampung Karet Kecamatan Labuan
Kabupaten Pandeglang dengan nilai 7,556 sebesar > 1,984. Dan
hasil perhitungan uji F terdapat pengaruh pengaruh positif dan signifikan Kualitas
Pelayanan Dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Usaha
Mr ‘S’ Laundry Kampung Karet Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang
mengasilkan 129,216 > 3.089. besarnya Pengaruh Kualitas
Pelayanan Dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Adjust R
Square) adalah sebesar 72,1%. Persamaan linear berganda yang diperoleh adalah
Y = 2,498 + 0,296 X1 + 0,239 X2 .
Tidak tersedia versi lain