Text
Kualitas Pelayanan Pangkat Jabatan Fungsional Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Pada Bidang Pembinaan Ketenagaan Di Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kabuapaten Pandeglang
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kenaikan Pangkat
Jabatan Fungsional Guru SMPN Pada Bidang Pembinaan Ketenagaan di Dinas
Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pandeglang. Identifikasi
masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Kurangnya jumlah pegawai yang paham
teknis kenaikan pangkat Jabatan Fungsional pada Bidang Pembinaan Ketenagaan.
2) Masih adanya ketidaktepatan waktu dalam penyerahan petikan Surat Keputusan
(SK) kenaikan pangkat Jabatan Fungsional. 3) Kurang responsif atau ketanggapan
pegawai dalam melayani keluhan guru. 4) Prasarana yang belum memadai untuk
pelayanan dan penyimpanan berkas DUPAK kenaikan pangkat Jabatan Fungsional
pada Bidang Pembinaan Ketenagaan. Untuk membantu dalam menyelesaikan
permasalahan pada penelitian ini digunakan teori kualitas pelayanan publik
menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990) dalam Hardiyansyah (2018:46-
47) yang meliputi lima dimensi, yaitu Tangibel (Berwujud), Reliability
(Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy
(Empati). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model
interaktif menurut Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian mengenai kualitas
pelayanan kenaikan pangkat Jabatan Fungsional Guru SMPN pada Bidang
Pembinaan Ketenagaan menunjukkan bahwa dua dimensi kualitas pelayanan yang
mendapat kategori baik, yaitu Reliability (Kehandalan) dan Empathy (Empati)
disebabkan pelayanan yang diberikan oleh pegawai sudah baik atau sudah sesuai
dengan standar pelayanan. Namun, lain halnya dengan tiga dimensi kualitas
pelayanan yang mendapatkan kategori kurang baik yaitu Tangibel (Berwujud),
Responsiviness (Ketanggapan) dan Assurance (Jaminan) disebabkan oleh tingkat
kualitas pelayanan yang kurang memuaskan atau dianggap kurang layak.
Tidak tersedia versi lain