Text
( Skripsi ) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA MASA PANDEMI COVID - 19 DI SEKOLAH GUGUS 4 KELURAHAN BARANANGSIANG KOTA BOGOR.
ABSTRAK Amelia Aprilianti NIM :H.1710271 Hubungan keterlibatan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas II pada masa pandemic covid-19 di sekolah gugus 4 Kelurahan Baranangsiang Kota Bogor Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, 2021 Kebijakan yang diterapkan pemerintah untuk siswa belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19 membuat orang tua berperan penting dalam proses pembelajaran selama di rumah. Perhatian dari orang tua harus dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara perhatian orang tua dengan tanggung jawab belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19. Pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistic deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposional random sampling dengan teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak 155 siswa kelas II di SD gugus 4 Kelurahan Baranangsiang Kota Bogor dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan angket dan dokumen, Instrumen di uji dengan menggunakan uji validitas menggunakan rumus Product Moment dan uji Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai minimal 0,60. Dari hasil penelitian analisis Koefisien Korelasi dengan nilai 0,663, sesuai persyaratan signifikansi nilai sig < 0,05 dengan demikian tidak ada hubungan keterlibatan orang tua dengan hasil belajar Matematika siswa kelas II. Kata kunci: Keterlibatan Orang Tua, Pandemi Covid-19, Hasil Belajar Matematika
Tidak tersedia versi lain