Text
Pengaruh Produktivitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Belajar Peserta Didik (studi Kasus pada SMK Plus Al Ghifari Bandung)
Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh produktivitas tenaga pendidik kependidikan dan sarana prasarana terhadap kepuasan belajar peserta didik (Studi Kasus pada SMK Plus Al-Ghifari Bandung) Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) digunakan untuk menunjukkan hubungan yang memperlihatkan seberapa besar pengaruh sebuah variabel tertentu baik pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan produktivitas tenaga pendidik kependidikan maupun sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar peserta didik pada SMK Plus Al-Ghifari. Secara parsial kepuasan belajar peserta didik dipengaruhi oleh produktivitas tenaga pendidik kependidikan yaitu sebesar 47.20%, dan dipengaruhi variabel sarana prasarana yaitu sebesar 13.20%. Besarnya Pengaruh total variabel produktivitas dan sarana prasarana terhadap variabel kepuasan peserta didik sesuai dengan yang ditunjukkan oleh determinasi kuadrat r2=0,604 atau sebesar 60,40%. Sedangkan pengaruh luar atau factor kekeliruan adalah sebesar 39,60%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa produktivitas tenaga pendidik kependidikan dan sarana prasarana berpengaruh terhadap kepuasan belajar peser didik secara bersama-sama. Apabila produktivitas dan sarana prasarana ditingkatkan bersama-sama, maka akan meningkatkan kepuasan belajar peserta didik. Hasil penelitian juga menemukan bahwa kepuasan belajar dipengaruhi oleh faktor lain yang secara akademik diakui keberadaannya.
Tidak tersedia versi lain