Text
Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia KPRK Sumedang)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada PT. Pos Indonesia Sumedang) yang merupakan perusahaan yang memiliki peranan penting dalam pengembangan industri jasa terbesar di Indonesia serta membuka lapangan pekerjaan termasuk dalam bidang industry lainnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif atau berbentuk angka. Populasi dalam penelitian ini adalah kosumen PT. Pos Indonesia Sumedang sebanyak 7.485 konsumen. Dan sampel dalam penelitian ini adalah kosumen PT. Pos Indonesia Sumedang sebanyak 99 konsumen. Analisis yang digunakan analisis jalur (Patyh Analysis) digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel baik pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap variabel lain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT. Pos Indonesia Sumedang adalah sebesar 37,70%. (2) harga berpengaruh positif sigifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT. Pos Indonesia Sumedang adalah sebesar 23,46%. Besarnya pengaruh total dari variabel citra merek dan harga terhadap keputusaan pembelian konsumen ditunjukan oleh besarnya koefisien determinasi r2 = 0,612 atau sebesar 61,2% sedangkan pengaruh variabel luar atau kekeliruan sebesar 38,8% Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa model yang dibentuk termasuk kedalam kategori kuat sehingga dalam penelitian ini variabel citra merek dan harga tepat digunakan untuk mengukur stuktur model keputusan pembelian konsumen PT. Pos Indonesia Sumedang. Adapun 38,8% variabel yang tidak diteliti, antara lain kesadaran merek, ekuitas merek, kualitas produk, promosi, lokasi, dll.
Tidak tersedia versi lain