Text
(Skripsi) Pengaruh Kualitas Pelayanan kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon. Populasi penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon dengan metode penetapan sampel menggunakan metode asosiatif dan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 40 orang. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan studi pustaka. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan nilai signifikansi a = 5% (0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible, reability, responsevennes, assurance dan emphaty secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Secara pengujian Parameter Individual (Uji Statistik t), dinyatakan bahwa variabel tangible, emphaty, dan reliability memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel assurance dan responsiveness tidak memiki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan. Nilai Adjusted R Square yang didapat melalui pengujian Koefisien Determinan (R2) adalah sebesar 0,948 berarti menjelaskan bahwa 94,8% kepuasan pasien sebagai variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas, yaitu kualitas pelayanan
Tidak tersedia versi lain