Text
PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO DI KABUPATEN CIREBON
Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan bermotor yang menjadi andalan utama transportasi masyarakat di Indonesia. Jenis kendaraan roda dua ini begitu banyak diminati karena dianggap mudah untuk dibawa bepergian dan mendukung aktivitas sehari-hari. Saat ini penjualan sepeda motor Honda Vario mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Laju pertumbuhan penjualan yang menurun menunjukkan semakin berkurangnya tingkat kepercayaan pelanggan untuk menggunakan sepeda motor tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan sepeda motor Honda Vario di Kabupaten Cirebon dengan sampel sebanyak 100 responden. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik incidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu software IBM SPSS versi 22 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai pelanggan dan inovasi produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan nilai pelanggan dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Perusahaan diharapkan lebih meningkatkan kualitas sepeda motor Honda Vario dan melakukan inovasi pada bagian keamanan dan kenyamanan pada sepeda motor Honda Vario, serta memberikan ciri khas yang menunjukkan bahwa kualitas produk sepeda motor Honda Vario lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya.
Tidak tersedia versi lain