(Skripsi) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Bengkel Esa Motor Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon)
Kebutuhan alat transportasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat untuk menunjang akses barang atau jasa yang dibutuhkan seseorang. Sebagian besar orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Peneliti melakukan penelitian di Bengkel Esa Motor Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan kualitas pelayanan secara keseluruhan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan dari Bengkel Esa Motor dengan cara pengambilan data menggunakan kuesioner dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hanya kualitas pelayanan jaminan dan kualitas pelayanan secara keseluruhan yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan karena hasil perhitungan variabel X4 jaminan mendapatkan nilai Sig. sebesar 0.014 dan nilai t hitung sebesar 2.498. Sehingga dapat diketahui bahwa variabel X4 jaminan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y), karena nilai t hitung > t tabel dan nilai Sig. < 0.05. kualitas pelayanan secara keseluruhan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan karena karena menurut hasil perhitungan hasil uji t terhadap variable kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan mendapatkan hasil nilai t hitung sebesar 7.137. Jika dilihat dalam tabel distribusi t maka akan didapatkan hasil nila t tabel adalah sebesar 1.987, sehingga nilai t tabel < dari t hitung (1.987<7.137).
Tidak tersedia versi lain