➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of (Skripsi) Kemampuan Literasi Sains Pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI

Text

(Skripsi) Kemampuan Literasi Sains Pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI

Widia Astuti - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Terdapat tiga dimensi literasi sains yaitu konten sains, proses sains, dan konteks aplikasi sains. Hasil Survei PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains di Indonesia masih kurang baik. Berfokus pada kegiatan belajar mengajar di tingkat sekolah dasar, teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang wajib dipelajari oleh siswa kelas VI. Adapun kompetensi dasar yang menunjukan penguasaan teks ekplanasi pada siswa yakni terdapat pada kompetensi dasar 3.2. Menggali isi teks eksplanasi yang didengar dan dibaca, 4.2. menyajikan secara lisan, tulis dan visual hasil penggalian informasi dari teks eksplanasi ilmiah dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil teks eksplanasi siswa sekolah dasar dan mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar yang terdapat pada teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Beberapa teknik yang dilakukan dalam mengumpulkan data adalah baca dan catat, mengumpulkan dokumen teks eksplanasi siswa sekolah dasar, lalu melakukan analisis terhadap teks eksplanasi tersebut menggunakan kartu data dengan berpandu pada indikator-indikator karakteristik teks eksplanasi dan kemampuan literasi sains. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa teks yang disusun oleh siswa kelas VI SD mencakup unsur pernyataan umum, sebab akibat (deretan penjelas), dan interpretasi. Kemudian di dalam tulisan siswa menggambarkan kemampuan literasi sains pada dimensi konten sains khususnya indikator pemahaman tentang konsep kunci (istilah-istilah literasi sains), kemudian dimensi proses sains yang lengkap dari mulai pertanyaan ilmiah, menarik simpulan, mengomunikasi simpulan dan pemahaman konsep, serta hanya beberapa tulisan yang menggambarkan kemampuan literasi sains pada dimensi konteks aplikasi sains


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Belum memasukkan lokasi
USGJ2300974
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
Skripsi
No. Panggil
-
Penerbit
Cirebon : Universitas Swadaya Gunung Jati., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://repository2.ugj.ac.id/site/skripsi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2263216

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?