Text
(Skripsi) pengaruh media pembelajaran wayang terhadap pemahaman nilai moral bagi siswa kelas IV sekolah dasar.
Pada saat ini pendidikan nilai moral merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan kalangan pendidik. Mengingat nilai moral di Indonesia khususnya dikalangan para remaja semakin hari semakin memudar. Perilaku moral diperlukan demi terwujudnya kehidupan yang damai penuh keteraturan, ketertiban, dan keharmonisan dalam suatu bangsa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wayang profesi sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman nilai moral bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 2 Cikulak Kidul tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 365 siswa. Sampel yang digunakan untuk diteliti yaitu siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran wayang profesi sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman nilai moral siswa SD dengan diperoleh R square R² = 0,858
Tidak tersedia versi lain