Text
(Skripsi) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA KOLASE PADA PEMBELAJARAN IPS
Kurikulum yang diterapkan di sekolah ini ialah kurikulum 2013 dimana pada proses pembelajaranya menekankan pada student center bukan lagi teacher center, oleh karena itu salah satu solusi nya ialah melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan berbantuan kolase. Berdasarkan hasil pengumpulan data awal ditemukan masalah sebagai berikut. Pertama, kurangnya guru untuk memaksimalkan media serta teknologi yang ada. Kedua, banyaknya media atau alat peraga yang harga nya mahal untuk itu, media kolase yang dihasilkan ini berasal dari bahan-bahan yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar agar meminimalisir pengeluaran yang besar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain melalui model pembelajaran berbasis proyek serta untuk mengetahui kelayakan media sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang konstrutivisme dan menyenangkan pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development Model pengembangan ADDIE pada materi IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Adapun data diperoleh dari 2 ahli, yaitu guru sekolah dasar serta dosen. Penilaian desain ini berdasarkan pada lembar validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sedangkan penilaian pada kelayakan media kolase ini ditinjau dari tiga aspek: (1) Kelayakan Praktis, (2) Kualitas Visual (3) Kelayakan Biaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan RPP seperti adanya keterkaitan antar variabel atau komponen sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh serta perlunya memperhatikan aspek-aspek terhadap media yang akan dibuat. (2) Berdasarkan penilaian dari validator memperoleh skor 85 % dikatakan kategori yang Cukup valid dengan keterangan dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Sedangkan pada kelayakan media 82.5 % skor tersebut dikatakan Kategori Sangat layak
Tidak tersedia versi lain