Text
(Skripsi) Penerapan Metode Drill Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Kelas IV SD Kota Cirebon Materi Bangun Datar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa materi bangun datar. Penelitian dilaksanakan di SDN Sadagori 1 Cirebon pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel siswa kelas IV jumlah 22 siswa. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen one group pretest-posttest design dengan menerapkan metode drill dalam pembelajaran matematika. Masalah dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dalam memahami konsep matematika. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah soal tes, angket, dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pretest pada kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 39,5 sedangkan hasil posttestnya 73,05. Pada kemampuan representasi matematis siswa rata-rata pretest 44,73 sedangkan hasil posttest 74,77. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan yang signifikan antara pretest dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan penerapan metode drill terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa
Tidak tersedia versi lain