Text
(Skripsi) Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa
SMP Negeri 9 Kota Cirebon saat ini rata-rata nilai matematika masih di bawah Standart Ketuntasan Minimum (SKM) salah satu faktor yag mempengaruhi yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru, dan siswa takut untuk menjawab soal karena takut jawabanya salah sehingga dinilai masih belum memahami materi matematika. Sehingga siswa masih belum bisa untuk memahami kemampuan pemahaman matematis secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan matematis dan kepercayaan diri siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Sampelnya dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara pemberian tes awal, tes akhir, observasi aktivitas siswa dan angket kepercayaan diri siswa. Teknik pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22.0 sedangkan pada data kualitatif dengan mempresentasikan hasil observasi dan angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 79%. Terdapat pengaruh model pembelajarn Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 78%, dan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pembelajaran konvensional. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70.4%, dan nilai rata-ratanya kelas konveksional sebesar 61,13%.
Tidak tersedia versi lain