Text
(Skripsi) Analisis Learning Obstacle Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Kemampuan Representasi Matematis
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis epistemological obstacle siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan linear dua variabel pada kemampuan representasi matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas 9B SMP Negeri 3 Cilimus dengan jumlah 22 siswa. Siswa kelas 9B dipilih dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang maksimal mengenai epistemological obstacle pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Cara pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data hasil tes dan wawancara. Hasil analisis tes kemampuan representasi menunjukkan bahwa siswa belum dapat membedakan koefisien, variabel, dan konstanta sehingga dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan siswa hanya menjawab sesuai dengan pengetahuan yang dia miliki tanpa didasarkan dengan konsep matematika. Siswa juga kebingungan mengubah model matematika ke dalam grafik karena belum memahami konsep koordinat kartesius khususnya menentukan titik dan menentukan titik potong. Berdasarkan hasil wawancara kepada siswa mengenai kesulitan yang dialami, siswa mengatakan bahwa mereka tidak mengulang kembali pembelajaran di luar kelas dan pembelajaran di kelas hanya berfokus pada guru. Kegiatan belajar mengajar di kelas menggunakan model discovery learning namun berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran, model tersebut belum maksimal diterapkan kepada siswa.
Tidak tersedia versi lain