PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN SIM DI POLRES CIREBON KOTA
Kepuasan masyarakat menjadi ukuran utama untuk kualitas pelayanan baik dibidang bisnis, manajemen maupun birokrasi. Kualitas pelayanan adalah penilaian konsumen tentang kehandalan dan superioritas pelayanan secara keseluruhan. Konsumen akan membuat perbandingan antara yang mereka berikan dengan apa yang didapat. Tujuannya untuk membantu mengambil keputusan, serta mengetahui apa saja yang akan mempengaruhi tingkat return yang dapat dibagikan perusahaan. Penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Sim Di Polres Cirebon Kota. Metode penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi berganda. Yaitu dengan melakukan beberapa pengujian antara lain statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan dan menggunakan sampel sebanyak seratus (100) responden. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas pelayanan berpengaruh dan kualitas pelayanan bersama fasilitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain