PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sekor makanan dan minuman tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 11 Perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan. Teknik analisis data dengan menggunakan, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelas dan uji analisis regresi linear berganda. Hipotesis dalam penelitian ini dengan uji signifikansi parsial (t-test) dengan α = 5% Hasil uji signifikansi menunjukan bahwa variabel roa memiliki nilai 0.984, ukuran perusahaan 0.669 dan leverage 0.000 dapat disimpulkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, leverage berpengaruh terhadap manajemen laba, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruuh terhadap manajemen laba.
Tidak tersedia versi lain