Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PENDIDIKAN (STUDI PADA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANDUNG)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, emphaty, reliability, responsiveness, dan assurance berpengaruh terhadap keputusan pembelian atau keputusan konsumen pengguna jasa di SMK Muhammadiyah 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikatif yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas XI dan XII SMK Muhammadiyah 1 Bandung serta responden yang diambil sebanyak 84 responden dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena populasi kurang dari 100. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil analisis regresi linier sederhana sebagai berikut : Y = . Sebelumnya, berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, data berdistribusi normal dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan konsumen pengguna jasa berdasarkan hasil uji hipotesis yakni thitung (11,130) > ttabel (1,663) serta kualitas pelayanan memberikan kontribusi sebesar 0,602 atau 60,2% terhadap keputusan konsumen pengguna jasa dan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain