Text
PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARI RUMAH
DEDEH NURHAYATI. Peran Orang tua Dalam Proses Pembelajaran Dari Rumah ( Penelitian Terhadap Orang tua Siswa Kelompok B TK AL-MUNAR Kota Bandung ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam proses pembelajaran dari rumah, serta untuk mengetahui kesulitan yang dialami orang tua ketika pembelajaran dari rumah di TK AL-MUNAR Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang tua siswa kelompok B di TK AL-MUNAR. Pengumpulan data diambil melalui observasi dan wawancara, adapun dokumentasi sebagai pendukung untuk kelengkapan bukti penelitian. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali informasi melalui orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran dari rumah. Dimana peran orang tua sebagai pendidik, peran sebagai pendorong, peran sebagai panutan, peran sebagai teman, peran sebagai pengawas dan peran sebagai konselor. Adapun kesulitan orang tua dalam proses pembelajaran daring yaitu orang tua dengan kesibukan mendampingi pembelajaran daring kakaknya, mengasuh adiknya, membantu ayahnya yang berjualan serta kurangnya alat komunikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring
Tidak tersedia versi lain