Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA KELOMPOK B1 MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI TKQ AL-MU?MIN ANTAPANI
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun pada kelompok B1 melalui media kartu kata bergambar di TKQ Al-Mu?min?Antapani.?Skripsi?ini?dilatar?belakangi?karena?rendahnya?kemampuan?anak? dalam membaca permulaan, dimana kemampuan anak dalam membedakan huruf, menyebutkan fonem yang sama serta membaca kata pada sebuah gambar masih rendah karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam membaca permulaan. Subjek penelitian ini terdiri dari 11 anak diantaranya 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan yakni instrument lembar observasi yang berbentuk chek list, indikator yang diteliti yakni menyebutkan lambang bunyi huruf, menyebutkan fonem yang sama dan membaca kata. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini apabila dalam proses yang dilakukan telah memenuhi kriteria kategori berkembang sesuai harapan dan kemampuan membaca permulaan mencapai sekurang-kurangnya 71% dengan kategori berkembang sesuai harapan dari jumlah anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari paratindakan ke siklus I dan siklus II. Pada tahap pratindakan rata-rata ketercapaian anak baru mencapai 46,20% sedangkan di siklus I mencapai 63,88% dan siklus II mencapai 81,30%. Peningkatan dari pratindakan ke siklus I sebesar 17,68% sedangkan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,42%. Langkah-langkah dalam penggunaan media kartu kata bergambar yaitu: 1) setiap anak dibimbing oleh guru untuk menyebutkan huruf pada kartu kata bergambar 2) guru membimbing anak-anak untuk mengenalkan kata benda yang memiliki fonem yang sama 3) anak dibimbing untuk membaca kata 4) anak dibimbing oleh guru untuk menjodohkan kartu kata dengan gambar, kemudian menyebutkan huruf pada kartu kata bergambar dan membaca kata pada kartu kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan.
Tidak tersedia versi lain