Text
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP DASAR MATEMATIKA DENGAN METODE BERCOCOK TANAM
Mira Damayanti, Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Dasar Matematika Dengan Metode Bercocok Tanam ( Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B Di TKQ Riyadhul Badi?ah Kecamatan Antapani Kota Bandung). Pengenalan Konsep Dasar Matematika harus diberikan sejak usia dini, terutama pada anak kelompok B dengan rentan usia 5-6 tahun. Pengenalan konsep dasar matematika ini diberikan sebagai bekal anak di jenjang sekolah dasar, seperti menyebutkan dan mengurutkan bilangan 1-20 dengan benda-benda, memasangkan lambang bilangan dengan benih sampai 20, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dan menyebutkan benda besar-kecil dan sama-tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dalam mengenal konsep dasar matematika pada kelompok B melalui kegiatan bercocok tanam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaanm tindakanm observasi dan refleksi. Populasi penelitian ini terdiri dari 17 anak pada kelompok B TKQ Riyadhul Badi?ah yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan di luar ruangan dengan bercocok tanam dapat meningkatkan anak dalam mengenal konsep dasar matematika, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan tingkat perkembangan anak mengenal konsep dasar matematika pada kelompok B setiap siklus kelompok B setiap siklus sebagai berikut: 1) tingkat ketuntasan kondisi objektif sebanyak 6 anak atau 35,2%, 2) tingkat ketuntasan siklus ke 1 sebanyak 8 orang anak atau 47, % dan 3) tingkat ketuntasan siklus ke 2 sebanyak 15 orang anak atau 82,4%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan bercocok tanam dapat meningkatkan perkembangan anak dalam mengenal konsep dasar matematika.
Tidak tersedia versi lain