Text
IMPLEMENTASI MEDIA TUTUP BOTOL HURUF DALAM MENGIDENTIFIKASI HURUF KONSONAN (b, d, p dan q)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengidentifikasi huruf konsonan b, d, p dan q pada kelompok B di TKQ Al-Fattaah Bandung. Rendahnya kemampuan ini diduga karena kurangnya stimulasi yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini khususnya menyangkut dengan kurang menariknya media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengidentifikasi huruf konsonan b, d, p dan q melalui media tutup botol di kelompok usia 5-6 di TKQ Al-Fattaah Bandung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru dengan peneliti. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah anak-anak kelompok usia 5-6 tahun berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, instrument yang digunakan berupa lembar observasi dan dokumentasi menggunakan foto kamera HP untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media tutup botol huruf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengidentifikasi huruf konsonan b, d, p dan q pada anak kelompok usia 5-6 di TKQ Al-Fattaah Bandung, ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari persentase rata-rata kemampuan mengidentifikasi huruf konsonan b, d, p dan q menggunakan media tutup botol huruf pada saat sebelum tindakan diperoleh persentase 14.3% dan terus mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71.4 % dan meningkat lagi di siklus II 100 %. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan bagi pendidik PAUD dan orang tua dapat mengoptimalkan perkembangan kemampuan anak dalam mengidentifikasi huruf konsonan b, d, p dan q melalui penggunaan media tutup botol huruf.
Tidak tersedia versi lain