Text
IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM MATA KULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MAHASISWA
Moderasi beragama merupakan sikap tengahan atau keseimbangan seseorang dalam menyikapi, memahami serta menghargai sesuatu dari sudut pandang keagamaan maupun sosial. Hal tersebut kemudian diwujudkan dalam pandangan Muhammadiyah terkait Islam Moderat, Namun pemahaman moderasi beragama ini belum sepenuhnya sampai baik didalam ruang lingkup Muhamamdiyah salah satunya para mahasiswa dengan berbagai latar belakang pemahaman dan keyakinan yang berbeda hingga menimbulkan banyak perdebatan dalam perbedaan pendatap tersebut. Hadirnya penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui konsep moderasi beragama b) mengetahui konsep moderasi beragama dalam pandangan Muhammadiyah c) mengetahui implementasi moderasi beragama pada mahasiswa dalan mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Data collecting Data editing, Data reducting, Data display, yaitu penyajian data dalam bentuk deskriptif verbalitas. Data verifikasi, dan Data konklusi. Hasil penelitian ini menunjukan: (a) Pemahaman moderasi beragama secara umum memang masih dibilang baru bagi khalayak masyarakat maupun dikalangan mahasiswa khusunya di FAI Universitas Muhammadiyah Bandung. (b) Pandangan Muhammadiyah terkait pemahaman Moderasi Beragama perlu ditata ulang, di sosialisasikan kembali, makna dan manfaat yang diperoleh dari cara kita pandang kita terhadap moderasi beragama. (c) Peran dosen-dosen AlIslam dan Kemuhammadiyahan terkait Implementasi moderasi beragama, dilingkungan mahasiwa ini menjadi tantangan terbesar dalam mensosialisasikan pemahaman tentang moderasi beragama. Terlebih dengan latar belakang Mahasiswa yang berbeda-beda akan menjadi rancangan penting bagi para dosen AIK serta LPPAIK dalam mensosialisasikan moderasi beragama
Tidak tersedia versi lain