Text
TERJADINYA HIGH TEMPERATURE SAAT STARTING PADA ENGINE ROOL ROYCE ALLISON 250-C20 DI ENGINE TEST CELL DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnHigh temperature pada saat starting Engine Roll Royce Allison 250-C20 adalah suatu kondisi dimana Turbine Outlet Temperature (TOT) indikator yang seharusnya berada pada 372ºC-482ºC, tetapi telah mencapai 495ºC. Terjadinya high temperature dikarenakan adanya kerusakan pada Compressor Blade Valve stuck close dan Gas Produser Fuel Control start yang berlebih.rnAkibat dari Compressor Bleed Valve stuck close dan Gas Produser Fuel yang berlebih adalah kerusakan pada Turbine Compressor yang mana akan terjadinya penurunan kemampuan dari Engine Roll Royce Allison 250-C20.rnUpaya penanggulangan yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan detail check pada Compressor Bleed Valve dan ditemukan adanya kerusakan pada diaphragma yang sobek, serta Gas Produser Fuel Control yang mengalami out of adjustment yang mengakibatkan aliran fuel berlebih, selanjutnya dilaksanakan penggantian Compressor Blade Valve dan penyetelan (adjustment) start derichment.rnSetelah dilakukannya penggantian Compressor Bleed Valve dan adjustment start derichment pada Gas Produser Fuel Control sesuai dengan ketentuan EMM (Engine Maintenance Manual) lalu, dilakukannya pengetesan engine dan mendapatkan hasil yang baik ditandai dengan saat starting engine, turbine outlet temperature 403ºC sesuai dengan limitasi yang ditentukan.
Tidak tersedia versi lain