Text
TERJADINYA INDICATOR CONTROL CABIN ZONE TEMPERATURE LIGHT AKIBAT TEMPERATUR TINGGI PADA KABIN PESAWAT BOEING 737-900 ER PK-LGM DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnUntuk memastikan temperatur udara cabin yang sesuai dengan kenyamanan penumpang dan awak pesawat maka dipasang air conditioning sistem yang dapat dimonitor dan dikontrol oleh awak pesawat. Terjadinya indicator control cabin zone temperature light on yang terlihat di temperature controls panel (P 5-10) pada flight compartemen bagian atas, mengindikasikan bahwa temperatur pada control cabin pesawat Boeing 737-900 ER PK-LGM tidak sesuai dengan yang seharusnya, diantara 18 ˚C – 30 ˚C pada pesawat Boeing 737-900 ER. Hal ini disebabkan oleh kegagalan air conditioning pack left pada komponen temperature control valve dikarenakan valve stuck open. Valve stuck open menyebabkan udara panas masuk lebih banyak dari seharusnya, yang kemudian dibaca oleh temperature sensor yang berada pada control cabin dan mengakibatkan indikator zone temperature pada control cabin menyala. Hal ini mengakibatkan ketidak nyamanan bagi awak kabin dan penumpang dan dapat mengurangi life time bagi perangkat elektronik akibat terjadinya panas yang berlebih. Upaya penanggulangan yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti komponen temperature control valve dengan komponen baru yang sesuai dengan part number yang terdapat pada Illustration Part Catalog (IPC). Prosedure pergantian komponen temperature control valve sesuai dengan Aircraft Maintenance Manual (AMM) chapter 21-51-10-000-801. Setelah dilaksanakan pergantian komponen temperature control valve maka dilakukan BITE test dan pengetesan kebocoran pada sambungan duct temperature control valve dengan cara pemberian air sabun pada sambungan tersebut.
Tidak tersedia versi lain