Text
TERJADINYA HIGH TOT PADA LOW POWER ENGINE ALLISON 250-C20 SAAT GROUND RUNNING PESAWAT BO-105 MILIK PT AIR TRANSPORT SERVICE DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnEngine operation system adalah sistem yang menunjang kinerja engine agarrndapat bekerja dengan baik, dibantu dengan sistem-sistem lain yang berkaitan.rnEngine memiliki komponen utama salah satunya adalah compressor. Fungsi darirncompressor adalah menghisap dan memampatkan udara yang dimanfaatkan untukrnsistem pendingin dan pembakaran pada engine. Dengan melakukan perawatanrnpada compressor dengan baik seperti selalu malaksanakan compressor washrnsetelah melakukan operasi dengan zat kimia atau melakukan operasi dirnlingkungan berkadar garam tinggi dan area berdebu dapat menghindari terjadinyarnhigh turbine temperature outlet.rnTerjadinya high TOT saat low power pada Engine Allison 250-C20 ketikarnground run, terdapat indikasi pada Turbine outlet temperature indictor mengalamirnhigh temperature atau melebihi batas normal. Penyebab terjadinya high TOT padarnsaat ground run disebabkan oleh dirty compressor.rnCompressor kotor dengan kondisi kerak dan debu menumpuk pada rotorrnblade compressor dan vane blades sehingga permukaan airfoil pada blade tidakrnrata dan menebal pada trailing edge-nya, mengakibatkan aliran udara saatrndikompresi tidak maksimal dan menyebabkan discharged air yang dialirkan untukrncombustion system tidak sempurna, efisiensi serta performa engine tidakrnmaksimal dan suhu engine tinggi sedangkan power dalam keadaan low.rnUpaya penanggulangan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukanrncleaning pada compressor yang mengalami penumpukan debu dan kerak padarncompressor blades sesuai dengan instruksi yang ada pada Aircraft MaintenancernManual (AMM).
Tidak tersedia versi lain