Text
PENGARUH SUDUT INCIDENCE PADA SAYAP PESAWAT TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA
ABSTRAKrnPerkembangan dan kemajuan di dunia teknologi yang pesat memberikan dampak bagi kehidupan manusia. Dampak dari perkembangan teknologi adalah munculnya berbagai macam inovasi yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah manusia dalam melaksanakan aktivitasnya. Salah satu contohnya adalah pesawat terbang tanpa awak AerO-73K yang didesain untuk melakukan misi kegiatan pengiriman bantuan obat-obatan dan alat medis berukuran kecil dengan beban maksimum sebesar 5 kg. Penulis melakukan analisis karakteristik aerodinamika pada pesawat terbang tanpa awak AerO-73K serta ketika diberikan variasi angle of incidence pada bagian sayapnya.rnMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis numerik dengan simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk memprediksi karakteristik aerodinamika dan fenomena aliran yang terjadi pada saat kondisi cruise. Pesawat AerO-73K diberikan variasi angle of incidence 1◦, 2◦, dan 3◦ pada sayapnya dan digambar menggunakan software CATIA. Selanjutnya dilakukan simulasi menggunakan software ANSYS Fluent.rnBerdasarkan simulasi yang telah dilakukan, didapatkan nilai karakteristik aerodinamika pada pesawat AerO-73K dalam kondisi terbang jelajah dengan kecepatan 27.78 m/s dan pada kondisi sea level. Stall terjadi di sudut serang 16◦ dengan CLmax 1.167, CL0 0.133, nilai rasio CL/CDmax 9.101 pada α 10◦, dan koefisien moment pada titik stall -0.393. Dan konfigurasi angle of incidence terbaik secara aerodinamika untuk pesawat terbang tanpa awak AerO-73K adalah konfigurasi angle of incidence 2◦ karena memiliki rasio CL/CD paling tinggi diantara variasi yang lain, yaitu 10.496.
Tidak tersedia versi lain