Text
Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum rnInternational Baccalaureate (Kajian Pada Mata Pelajaran Bahasa rnIndonesia)
Berdasarkan opini masyarakat yang menyatakan bahwa kurikulum internasional rnlebih baik dibandingkan dengan kurikulum nasional, sehingga banyak orang tua yang rnberpenghasilan lebih untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah swasta yang berlabel rninternasional walaupun harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Hal ini disebabkan oleh rnadanya beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi orang tua. Contoh, faktor rnpembelajaran yang membebani siswa terhadap berbagai ujian dan hafalan di kurikulum rnnasional, sementara pada kurikulum internasional pada tingkat SD, siswa lebih ditekankan rnkepada pemahaman yang mendalam terhadap fenomena dan pelajaran yang siswa ingin ketahui rntanpa dibebani dengan hasil akhir berupa nilai. Itulah sebabnya pemerintah berusaha untuk rnmembenahi dunia pendidikan dengan merubah sistem kurikulum dari KTSP menjadi rnKurikulum 2013, di mana sistem kurikulum 2013 ini memiliki beberapa hal yang dianggap rnsedikit mengadopsi sistem yang ada di kurikulum internasional. Berdasarkan hal inilah peneliti rningin mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan serta persamaan dari Kurikulum 2013 dan rnKurikulum IB. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan rnkualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan dan persamaan dari rnKurikulum Nasional (2013) dengan Kurikulum Internasional (IB-PYP). Hasil penelitian rnmenunjukkan adanya perbedaan yang siginifikan dari kedua kurikulum tersebut. Di mana rnKurikulum Nasional (2013) lebih menekankan pada isi dari pelajaran dan hasil akhir, rnsementara Kurikulum Internasional (IB-PYP) lebih menekankan pada karakter siswa terhadap rnproses dan pemahaman dari masing-masing mata pelajaran.rn
Tidak tersedia versi lain