Text
Pelatihan penerapan assessment as, for, of learning berbantuan gamifikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Garut
Pengabdian dalam bentuk pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kompetensi profesional guru dalam rnpengembangan asesmen pembelajaran. Asesmen berperan sebagai usaha bagi guru untuk rnmenemukan kelebihan dan kelemahan dari proses pembelajaran yang sedang atau telah rndilakukan. Akan tetapi masih ditemukan banyak guru yang menganggap proses asesmen hanya rndianggap formalitas. Asesmen dibuatnya tidak otentik, atau guru memberi asesmen secara rnkonvensional yang cenderung dilaksanakan hanya untuk mengukur lulusan capaian rnpembelajaran, seakan asesmen terpisah dari proses pembelajaran, tanpa memperhatikanrnpenilaian yang mampu meningkatkan kompetensi siswa saat proses pembelajaran. Dengan rnkondisi seperti ini, guru memerlukan pendekatan asesmen yang digunakan dalam pembelajaran. rnPelatihan ini bertujuan melatih guru dalam pengembangan model assessment as for of learning rn(AafoL) melalui pendekatan pedagogi genre berbantuan gamifikasi. Pelatihan dilaksanakan di rnMGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Garut Jawa Barat Jawa Barat bertempat di SMPN 2 rnCibiuk Kabupaten Garut. Pelatihan menggunakan metode tutorial, workshop, penugasan rnterstruktur, dan konsultasi. Hasilnya guru memiliki kemampuan untuk memahami konsep dasar rnmengenai asesmen dan menarapkannya dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru rnmampu menyusun butir soal Bahasa Indonesia berbasis HOTS dan memberikan asesmen dengan rnbaik.
Tidak tersedia versi lain