Text
Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Think Talk Write Berbantuan Canva Pada Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN CANVA PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII Penelitian LKPD ini dilatar belakangi oleh kurang menariknya LKPD rnsebagai bahan evaluasi siswa terhadap pembelajaran teks puisi. Tujuan dari penelitian ini rnyaitu guna menganalisis, (1) proses Bahan Ajar Dengan Menggunakan Model Think Talk rnWrite ( TTW) Berbantuan Canva Pada pembelajaran teks prosedur Siswa SMP. (2) rnKelayakan Bahan Ajar Dengan Menggunakan Model Think Talk Write ( TTW) Berbantuan rnCanva Pada pembelajaran teks prosedur menurut ahli dan praktisi. (3) Respons siswa rnterhadap kelayakan Bahan Ajar Dengan Menggunakan Model Think Talk Write ( TTW)rnBerbantuan Canva Pada pembelajaran teks prosedur . (4) Hasil kemampuan menulis siswa rnkelas VII SMP yang menggunakan Bahan Ajar Dengan Menggunakan Model Think Talk rnWrite ( TTW) Berbantuan Canva Pada pembelajaran teks prosedur. Maka dari itu, Metode rnpenelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D) dengan rnlangkah pengembangan, seperti (a) Potensi masalah, (b) Pengumpulan data, (c) rnPerencanaan dan desain produk, (d) Validasi desain, (e) Perbaikan desain, (f) Ujii coba rnproduk terbatas, (g) Revisi desain, (h) Uji coa pemakaian luas, (i) Revisi produk (j) final rnproduk. Selanjutnya, subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP PGRI 175 Margaaasih rndengan sampel penelitian 15 peserta didik dari kelas VII B pada tahap uji terbatas dan 30 rnpeserta didik dari kelas VII C pada tahap uji coba luas. Hasil penelitian ini, yaitu (1) rnKelayakan Bahan Ajar memperoleh rata-rata persentase 80,6% dengan kriteria Layak; (2) rnRespons siswa terhadap Bahan Ajar mendapatkan rata-rata persentase 87,5% dengan rnkriteria sangat baik; dan (3) Hasil Bahan Ajar mendapatkan rata-rata nilai 89,3 pada uji rncoba terbatas dan 86,4 pada uji coba luas.
Tidak tersedia versi lain