PEMBELAJARAN BILANGAN DAN OPERASI BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE SOSIODRAMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran bilangan dan operasi bilangan melalui metode sosiodrama. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini dalam pengamatan sebelumnya bahwa pembelajaran bilangan operasi bilangan anak tanpa kegiatan bermain lebih bersifat akademik. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif, pendekatan kualitatif dan teknik yang digunakan yaitu studi literatur. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menelaah dari buku, maupun skripsi dari hasil penelitian sebelumnya, catatan dan karya ilmiah. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan Thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bilangan dan operasi bilangan melalui sosiodrama, guru telah merencanakan tema yang akan dijelaskan berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil pengamatan dan data sekunder, seperti tema tanaman dan profesi. Selanjutnya media yang digunakan yaitu media konkret, sebab anakanak berada pada tahapan praoperasional yang menggunakan simbol yang akan dipelajarinya sehingga terstimulus melalui metode sosiodrama khususnya pada perkembangan kognitif indikator kemampuan bilangan dan operasi bilangan, Selain itu diperoleh hasil respon anak terhadap guru, dan kendala yang dihadapi terutama pada kondisi pandemic Covid-19 berdasarkan hasil studi pendahuluan pembelajaran bilangan dan operasi bilangan kepada anak didik dengan membatasi media yang diberikan yaitu lembar kerja anak melalui handphone, metode pembelajaran tidak menggunakan sosiodrama karena adanya keterbatasan tatap muka antara guru dan anak didik.
Tidak tersedia versi lain