Skripsi
KEGIATAN MARKET DAY DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B
Pembentukan jiwa kewirausahaan dan karakter peserta didik sudah di mulai sejak masa anak-anak. Jiwa kewirausahaan dan karakter yang kuat merupakan modal pertama dalam mempertahankan hidup di jaman moderen saat ini. Kegiatan market day perlu di kenalkan sejak anak usia dini. Salah satu program pemerintah mengenai meningkatkan pengembangan pendidikan jiwa kewirausahaan yaitu kolaborasi pendidikan kewirausahaan dengan pendidikan karakter dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan cara melakukan kegiatan market day. Alasan dilaksanakan penelitian ini dikarenakan peneliti melihat bahwa kegiatan meningkatkan pengembangan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan di TK Bandung Barat Foundation-1 jarang di lakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pengembangan jiwa kewirausahaan melalui kegiatan kreativitas market day. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berdasarkan hal-hal yang nyata yang di alami langsung oleh anak. Peserta didik dalam penelitian ini kelompok B di TK Bandung Barat Foundation-1 berjumlah 15orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan analisis data kualitataif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sifat jiwa kewirausahaan yang terdapat pada diri anak ketika melakukan kegiatan market day diantaranya anak dapat percaya diri, berorientitas pada hasil, berkreativitas, berinovasi, berani mengambil resiko, mandiri, dan tangung jawab, kepemimpinan, kedisiplinan, dan berorientasi masa depan.
Tidak tersedia versi lain