Skripsi
PENGENALAN LITERASI HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA SMART HAFIDZ PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B
Penanaman yang pertama diberikan kepada anak yaitu penanaman nilai agama, penanaman nilai agama salah satunya berupa pengenalan Literasi huruf hijaiyah dasar bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an, melalui media Smart Hafidz gambar, suara, dan warna dapat diberikan secara langsung kepada anak. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengenalan literasi huruf hijaiyah melalui media smart hafidz pada anak usia dini kelompok B?. Penelitian inimenggunakan metode studi literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan library research atau penelitian kepustakaan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari perbandingan dua skripsi,serta data jurnal dan buku sumber yang disajikan. Data akan dianalisa denganmetode deskriptif analisis.Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan studi literatur dari penelitian yang telah dilakukan oleh Ulfah Nabilla Magfi (2018) hasil Perkembangan Mengenal Huruf, dari data penerapan media audio-visual mengajak anak untuk melihat vidio anak mengenal huruf, warna, bentuk, dan bunyi dan menambah kosa kata pada anak, serta memperluas wawasan anak. sedangkan Dhita Wulan Sari (2019) Melalui pembelajaran mengenal huruf hijaiyah dengan menggunakan media Pocket Hijaiyah menjadikan pembelajaran berpusat pada anak, karena anak belajar melihat gambar. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan dari penelitian yang dilakukan terhadap dua skripsi sumber bacaan atau referensi, bahwa pengenalan literasi huruf hijaiyah melalui media Smart hafidz (audio-visual) lebih menarik Pada anak usia dini di kelompok B.
Tidak tersedia versi lain