Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI USAP ABUR PADA ANAK KELOMPOK B TK KASIH IBU
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini peneliti hanya menjelaskan atau menggambarkan suatu keadaan atau fakta dilapangan tanpa perlu menganalisis keterkaitan antar variabel. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi, yaitu guru memperagakan terlebih dahulu bagaimana langkah-langkah atau cara-cara dalam melakukan kegiatan mewarnai dengan usap abur. Berdasarkan analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti dapat simpulkan bahwa pada tahap perencanaan, guru menyusun program pelaksanaan pembelajaran seperti penyusunan RPPH, RPPM dan juga mempersiapkan beberapa media tambahan pendukung. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru melakukan langkah-langkah sesuai dengan yang tersusun didalam RPPH dengan menggunakan pembelajaran demonstrasi yang efektif. Serta pada tahap hasil yang dicapai oleh guru, pembelajaran kegiatan mewarnai usap abur pada anak kelompok B mendapatkan hasil yang cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari keseluruhan penilaian perkembangan motorik halus pada setiap pertemuannya saat observasi berlangsung yang tergolong kategori baik.
Tidak tersedia versi lain