Skripsi
HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SDN 195 ISOLA KOTA BANDUNG
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya ketuntasan minimal mata pelajaran matematika, yang dipengaruhi oleh nilai rata-rata matematika siswa yang masih rendah, hal ini dapat terjadi karena pembelajaran matematika selama ini cenderung hanya berupa menghitung angka-angka dan menghafal rumusrumus, serta bersifat abstrak. Padahal siswa yang masih duduk di tingkat Sekolah Dasar pola berpikirnya masih bersifat konkrit. Maka dari itu Peneliti mencoba menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika yang dapat membawa siswa ke hal yang bersifat konkrit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 195 Isola Kota Bandung kelas IV A sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 24 siswa, perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, lembar observasi, pedoman tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatah hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 195 Isola pada pembelajaran matematika dengan materi keliling dan luas persegi panjang.
Tidak tersedia versi lain