Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SDN 037 SABANG BANDUNG MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW)
Permasalahan dalam pembuatan pantun kadang terjadi pada beberapa SD Negeri yang ada di Kota Bandung tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru yang dilaksanakan oleh peneliti di kelas IV SDN 037 Negeri Sabang ditemukan terdapat rendahnya motivasi belajar siswa dilihat dari kurang aktifnya siswa bertanya ketika diberikan kesempatan bertanya oleh guru; Peneliti menetapkan pemecahan masalah dengan model pembelajaran TTW untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas IV SDN 037 Sabang. Tujuan penelitian dengan pemilihan model TTW karena model TTW membantu siswa untuk memahami materi pelajaran melalui pembelajaran langsung menggunakan model TTW sehingga siswa mampu melakukan tahap-tahap berpikir dan mencatat hal yang belum diketahui dengan benar, berdiskusi dalam kelompok, dan menulis pantun. Metode penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) ini membantu siswa kelas IV SDN 037 Sabang Bandung dalam menyelesaikan tugastugas menulis pantun dan membantu siswa kelas IV SDN 037 Sabang Bandung dalam untuk berpikir (think) dan berkomunikasi dengan teman (talk), guru, dan bahkan dengan diri mereka sendiri dalam menghasilkan karya berupa kemampuan menulis pantun.
Tidak tersedia versi lain