Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD, SCRAMBLE DAN PERMAINAN STABILO KALIMAT (ESTIGA)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menetahui skenario dan implementasi pembelajaran menulis surat undangan, (2) respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menulis surat undangan dan, (3) kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa kelas dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis surat undangan. Berdasarkan ini, desain penelitian menulis surat undangan menggunakan metode ESTIGA. Metode ESTIGA adalah kombinasi dari model kooperatif tipe STAD, metode pengacakan dan tinggi kalimat. Pembelajaran terdiri dari pendekatan untuk presentasi mater, tim, perjuangan, menulis surat dan tinggi kalimat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Cimahi Mandiri 4 yang berjumlah 20 orang siswa, 14 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tulis untuk mengukur keterampilan menulis surat undangan dan tes praktek, angket atau skala sikap untuk mengukur respon guru dan siswa, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan 85% siswa dapat menulis surat undangan dengan menggunakan metode ESTIGA dan 15% belum mencapai KKM
Tidak tersedia versi lain