Text
PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DARING ANAK KESETARAAN PAKET A SETARA SD
Penelitian ini membahas tentang Program Pendampingan Orangtua di Masa Pandemi Covid-19 dalam meningkatkan minat belajar daring anak kesetaraan paket A di PKBM Suryani tahun pelajaran 2019/2020. Oleh karena itu dalam memanfaatkan teknologi maka dilaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Dan merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan mahasiswa di masa pandemi yang terjadi di tanggal 16 maret 2020. Perkembangan teknologi yang paling nyata pada saat ini adalah perkembangan internet, maka dari itu peran orangtua sangatlah penting dalam mendampingi pembelajaran di rumah. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, secara etimologi belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif, dengan instrument observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian sebanyak 5 orang tua peserta didik dan 1 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara peran orang tua dalam membimbing pembelajaran daring dalam meningkatkan minat belajar bagi anak. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa di masa pandemi ini pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan berpartisipainya orangtua dalam membimbing anaknya belajar daring yang dilakukan dirumah.
Tidak tersedia versi lain