Skripsi
ANALISIS KONSEP TENTANG PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA SD KELAS III MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian yang masih belum optimal. Sebagian siswa cenderung pasif dalam kelas pada akhirnya siswa tidak mau bertanya dan memilih untuk diam, suasana pembelajaran juga kurang menyenangkan dan tampak menegangkan, sehingga membuat siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan implikasi dari penerapan model Course Review Horay (CRH) pada pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian terhadap siswa SD kelas III serta kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif dengan menggunakan data sekunder yaitu berupa data yang diperoleh dari segala bentuk dokumen berupa tulisan maupun foto yang mendukung hasil penelitian, data yang dikumpulkan berupa penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan faktor pendukung penerapan metode CRH yaitu, kecakapan yang dimiliki oleh guru dalam menyampaikan materi dan menerapkan metode CRH, adanya interaksi yang baik yang dibangun guru dengan siswa, serta upaya guru dalam membangkitkan motivasi siswa.
Tidak tersedia versi lain