Skripsi
PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KERANJANG BIJI-BIJIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 195 ISOLA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang tertarik belajar perkalian dan pembagian karena menganggap sulit dipahami, serta tidak menyenangkan, sehingga menyebabkan hasil belajar tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran perkalian dan pembagian dengan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang bijibijian, respon siswa terhadap pembelajaran, kesulitan yang dialami siswa saat mengikuti proses pembelajaran, serta kendala yang dihadapi guru pada saat mengimplementasikan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 195 Isola Kota Bandung berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, observasi, soal tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor atau nilai siswa dengan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran sangat baik, respon siswa terhadap pembelajaran sangat senang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang biji-bijian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain