Skripsi
PEMBELAJARAN ONLINE TEMA KEBERAGAMAN DI KELAS IV DALAM MASA PANDEMI COVID-19
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berubahnya proses pembelajaran yang semula secara tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh secara online karena adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran online, kesulitan dan kendala yang dihadapi guru dan siswa serta bahan ajar yang digunakan selama pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, subjek penelitiannya adalah 12 siswa kelas IV dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah serta guru dari dua sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara untuk guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif, diambil dari hasil wawancara. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa para guru telah membuat skenario pembelajaran sedemikian rupa agar para siswa dapat tetap belajar dengan efektif dan lancar, kemudian kesulitan atau kendala utama yang dirasakan oleh guru maupun siswa adalah karena terbatasnya kuota internet yang dimiliki siswa dengan besar persentase sebesar 91,7% dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa yang menyebabkan kurang efektifnya pembelajaran online. Adapun untuk bahan ajar, para guru telah membuat bahan ajar sendiri seperti LKS yang didalamnya berisi ringkasan materi dan latihan-latihan soal berbentuk pilihan ganda, isian, atau uraian agar siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan.
Tidak tersedia versi lain