Skripsi
PEMBELAJARAN PERUBAHAN ENERGI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PREZI PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 001 MERDEKA BANDUNG
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengindentifikasi penggunaan media pembelajaran prezi sebagai alat bantu guru saat kegiatan belajar mengajar (2) menganalisa respon guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar melalui media pembelajaran prezi; (3) Menganalisa kesulitan yang dialami oleh guru dan siswa saat kegiatan belajar mengajar melalui media pembelajaran prezi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode ceramah. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan analisis data pada penelitian ini yaitu, (1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran prezi; (2) pembuatan media pembelajaran prezi; (3) penggunaan media pembelajaran prezi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran prezi sangat membantu guru dalam memberikan penjelasan materi pelajaran perubahan energi, motivasi belajar siswa melalui media media pembelajaran prezi mengalami peningkatan dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional. Kesulitan yang dialami oleh guru yaitu; 1) proses pembuatan media prezi membutuhkan waktu yang lama 2) kemampuan guru mengoperasikan software juga internet; 3) Penggunaan media prezi tergantung dari kreatifitas setiap guru. Adapun kesulitan yang dihadapi siswa, tampilan prezi yang kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa mulai bosan pada pertengahan kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Tidak tersedia versi lain