Skripsi
PEMBELAJARAN MENCERMATI ISI TEKS INFORMASI MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS III SD
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di Sd Plus Darussurur Cimahi, melalui observasi penulis menemukan permasalahan yakni masih ada hasil belajar siswa yang kurang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi mencermati isi teks informasi. Selama proses terlaksana sebagaimana mestinya mulai dari ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Setelah dianalisa, selama proses pembelajaran ternyata masih ada siswa yang tidak tertib dan motivasinya kurang dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun masalah yang dihadapi, 1). bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran mencermati isi teks informasi menggunakan metode project based learning, 2). bagaimana respon guru dan siswa terhadap pembelajaran mencermati isi teks informasi menggunakan metode project based learning, 3). Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas mencermati isi teks informasi menggunakan metode project based learning. Untuk menjawab semua masalah tersebut, maka digunakan metode project based learning, dimana metode ini merupakan metode yang berbasis proyek, menggunakan masalah sebagai langkah awal mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mencermati isi teks informasi menggunakan metode project based learning pada siswa kelas III di Sd Plus Darussurur Cimahi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses dan hasil pembelajaran mencermati isi teks informasi meningkat. Penelitian diawali dengan pengujian soal tes kepada siswa (pre-test), didapatkan nilai dengan hasil rata-rata 75. Setelah itu dilakukan kembali pengujian tes kepada siswa (post-test), didapati nilai dengan hasil meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 81. Kesimpulan pembelajaran mencermati isi teks informasi menggunakan metode project based learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan hasil sebelum menggunakan metode project based learning (pre-test) dan sesudah menggunakan metode project based learning (post-test) berbeda, didapati nilai selisih yaitu 6.
Tidak tersedia versi lain