Skripsi
PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MASA PANDEMI COVID 19
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami arti Persatuan dan Kesatuan pada peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan skenario pembelajaran online mata pelajaran PPKN materi Persatuan dan Kesatuan, kesulitan dan kendala-kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran online, respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran online, bahan ajar, LKS dan tugas – tugas yang selama ini diberikan oleh guru, upaya yang harus dilakukan oleh guru agar pembelajaran online dapat berjalan lebih efektif. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang guru kelas V SD dan 12 peserta didik kelas V SD. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat skenario pembelajaran materi Persatuan dan Kesatuan sebelum melakukan pembelajaran online, guru mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi online sebagai media pembelajaran, siswa mengalami kendala dalam hal kuota dan memahami penyampaian materi mengenai materi Persatuan dan Kesatuan yang diberikan oleh guru, respon guru terhadap pembelajaran online dinilai kurang efektif dan peserta didik lebih termotivasi mengikuti pembelajaran di dalam kelas dibandingkan pembelajaran online. Upaya yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran online dapat berjalan lebih efektif yaitu menyesuaikan dengan kondisi peserta didik dan orang tua dalam menggunakan media pembelajaran, tidak memberikan beban kepada peserta didik dalam hal tugas, dan menjalin komunikasi yang baik antara guru dengan peserta didik.
Tidak tersedia versi lain