Skripsi
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI WUJUD BENDA SISWA KELAS III SD DENGAN MENGGUNAKN METODE DEMONSTRASI
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman konsep IPA pada materi wujud benda siswa kelas III SD dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Girimulya dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang pemahaman konsep IPA, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya metode demonstrasi. Hal tersebut ditunjukan dengan skor rata-rata pada observasi guru sebesar 88 , skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 87, persentase peningkatan dari nilai Pre-Test ke Post-Test sebesar 6,66%, serta persentase skor angket guru sebesar 80%, dan rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa, hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran pemahaman konsep IPA pada materi wujud benda siswa kelas III SD dengan menggunakan metode demonstrasi telah mencapai tujuan penelitian. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Tidak tersedia versi lain