Skripsi
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PUISI PADA KELAS V SD DENGAN METODE CLASSWIDE PEER TUTORING
Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya keterampilan membaca puisi peserta didik kelas V SDN 041 Cibuntu Warung Muncang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V SD terhadap pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca puisi melalui metode Classwide Peer Tutoring (CWPT). Selain itu penelitian juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Setelah melaksanakan metode CWPT terdapat 85,2 % yang bisa mencapai KKM dari 27 peserta didik. Berdasarkan data hasil belajar peserta didik ditemukan bahwa dengan meningkatnya rasa percaya diri pada peserta didik maka akan meningkat pula hasil belajarnya. Rasa percaya diri ini diperoleh setelah diterapkan metode pengembangan CWPT yang menggunakan tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca puisi. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan hasil belajar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain